Top AdSense

Menjadi Gamer Sejati? Jago Aja Nggak Cukup!


Kamu mungkin ngaku sebagai gamer sejati, punya konsol terbaru ataupun perabotan komputer yang memadai untuk memainkan berbagai macam game? Namun apakah itu sesungguhnya menjadi gamer? Tentu banyak arti gamer yang bisa kita definisikan sendiri, mulai dari sekedar pemain biasa, hingga gamer profesional yang sudah ikut banyak turnamen e-sports.

Berbeda jika kita berbicara bagaimana menjadi gamer yang sekiranya baik dan sehat, nggak sekedar jago dalam banyak game. Karena zaman sekarang banyak sekali stereotype yang seolah-olah mengambarkan gamer sebagai mahluk anti-sosial yang tinggal dalam sebuah gua. Ditambah banyaknya gamer 'toxic' yang menganggap kemampuan diatas segalanya, padahal inilah yang sesungguhnya membuat citra gamer buruk di mata publik.

Maka dari itu, penulis buat beberapa poin yang sekiranya bisa kita diskusikan bersama untuk menciptakan pribadi gamer yang jago dan tentunya lebih baik.


Semua poin dibawah bisa dipandang sebagai subjektivitas dan pegalaman penulis sendiri.


1. Kenali game yang kamu mainkan

The Witcher 3
Setiap ingin memainkan game baru, cobalah baca dahulu deskripsi, genre dan hal-hal apa saja yang bisa kamu ekspektasikan dalam game tersebut. Jangan sekedar dilihat screenshot atau mendengar perkataan orang lain dan langsung memainkan game tersebut. Membiasakan hal ini, kamu bisa mengekspektasikan elemen permainan seperti apa yang akan kamu temui, cukup melihat dari genre gamenya.

Misalnya, dalam judul sebuah game terdapat kata 'War', jangan langsung berasumsi bahwa game tersebut pasti akan dimainkan layaknya game-game FPS seperti Call of Duty atau game-game sejenisnya. Sebagai contoh nyata, game This War of Mine.

Cobalah untuk memainkan genre yang berbeda-beda, sangat banyak game seru yang mungkin nggak akan sempat kita mainkan dalam hidup kita.



2. Jangan main dengan tingkat kesulitan 'Easy'

Rage
Terutama buat game-game Singleplayer nih, kayak Fallout, The Witcher, dan sejenisnya. Kalau ingin berkembang, mulai biasakan diri untuk bermain dalam mode diatas Easy. Selalu mulai dari mode normal, karena pada tingkat kesulitan inilah para developer menantang kalian untuk memainkan game mereka.

Terus mainkan dalam tingkatan normal, maka dengan demikian kamu akan mulai berani untuk menerima tantangan sesulit apapun. Bila dirasa mode normal sudah biasa, maka cobalah untuk memainkan pada mode hard atau terkadang ada lagi diatasnya.

Walau terkadang muncul embel embel mainkan mode easy untuk menikmati jalan cerita, tetap pilihlah mode normal. Penulis sendiri akhir-akhir ini selalu mencoba tingkat kesulitan hard pada game yang sudah pernah diselesaikan.



3. Jangan gunakan cara curang aka cheat

Counter Strike: Global Offensive
Memainkan game multiplayer online yang menyangkut hajat hidup banyak orang, jangan pernah gunakan cara curang, mau itu memanfaatkan bug, glitch atau menggunakan program ilegal.

Segala alasan cara curang tidak dapat dibenarkan, karena secara perlahan kamu akan ketergantungan pada cara-cara tersebut hanya karena tidak pandai memainkan game yang dimainkan. Hal ini juga menunjukkan betapa tidak kompetennya dirimu, bahkan untuk bermain game sekalipun.

Untuk game singleplayer mungkin cenderung tidak masalah, namun walau demikian menggunakan cara curang sangat tidak disarankan karena kamu tidak akan menikmati permainan.



4. Frustasi boleh, tapi jangan menyerah (dan jangan banting kontrolermu)

Sudah beberapa kontroler yang rusak didunia ini gegara main Dark Souls?
Memainkan game yang sangat susah seperti serial Dark Souls misalnya, mungkin terkadang bisa membuat kita frustasi ketika tidak kunjung mengalahkan musuh-musuh yang ada.

Jangan menyerah dan jangan tergoda untuk menggunakan cara curang. Karena ketika kita berhasil melewati level yang sangat sulit tersebut, ada kepuasan tersendiri yang mungkin tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Hal tersebut tentunya lebih bernilai ketimbang melewati sebuah level menggunakan cara curang.

Frustasi itu boleh, namun jangan sampe banting kontroler, keyboard atau perabotan lainnya ya, mahal.



5. Practice makes perfect

Dragon Age 2
Video game juga tidak berbeda jauh dengan bidang kegiatan lainnya. Untuk ahli dalam suatu hal, latihan secara terus menerus adalah sesuatu yang harus dilakukan.

Terutama buat kamu yang memang bermain game yang memiliki elemen kompetitif, seperti Dota, Counter Strike, Battlefield dan sejenisnya. Kalah adalah hal yang biasa, namun jadikan kekalahan tersebut sebagai acuan untuk meningkatkan kemampuan dalam bermain video game.

Sama seperti olahraga, menjadi ahli dalam bermain video game sekalipun tidak terjadi dalam sehari.



6. Kompetitif dan sportif

eSports
Bila dirasa kamu membutuhkan tantangan baru, cobalah ikut dalam pertandingan kompetitif online ataupun lokal. Turnamen Dota 2 misalnya, di Indonesia sendiri sangat banyak turnamen lokal yang diadakan dari warnet-warnet kecil hingga perusahaan ternama. Mulai bentuk tim dan cari orang-orang yang sekiranya bisa bermain denganmu.

Kompetitif tentu sangat berbeda dengan casual, karena disini cenderung ada yang dipertaruhkan. Walau demikian, layaknya pertandingan olahraga, sportifitas tetap harus dijunjung tinggi. Jangan sedikit-sedikit buat drama kayak para YouTuber sekarang. Kalau kamu memang punya kemampuan, tunjukkan dalam permainan, dan jika kalah, terimalah kekalahan tersebut layaknya seorang gamer sejati.

Dalam kompetitif sekalipun banyak pemain toxic yang akan selalu menjatuhkan kalian, namun tetaplah santai dan tunjukkan kalau kamu memang punya kemampuan.



7. Belajar dari pemain lain yang lebih berpengalaman

Jangan ragu main sama orang yang lebih berpengalaman
Melihat gamer lain yang lebih berpengalaman juga tentunya bisa memberikan kita wawasan baru dalam bermain video game. Hal ini tentu pasti sering kalia lakukan, contohnya yaitu menonton pertandingan yang biasanya bisa di streamin via YouTube.

Untuk game singleplayer maupun multiplayer biasanya memiliki forum-forum tersendiri untuk dijadikan tempat berdiskusi. Bagaimana cara mengalahkan boss ini, kira kira equipment apa yang cocok untuk dungeon ini, dan masih banyak lagi. Dalam game online, terutama MMORPG, biasanya banyak pemain senior yang mau meluangkan waktunya untuk mengajarkan pemain-pemain baru.

Yang jelas jangan malu bertanya dan berdiskusi, karena inilah salah satu cara yang cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan.



8. Kemudian bagi pengalamanmu kepada pemain baru

Ajarin ke pacar (kalo punya)
Jika kamu sudah ahli dalam suatu game, saatnya gantian untuk giliranmu mengajarkan pemain-pemain baru. Sesekali pasti kamu akan menemukan orang-orang baru ini, dan jika kamu punya waktu luang, ajarilah mereka layaknya pemain senior yang mengajarimu dulu.

Terkadang ada kebanggaan tersendiri ketika para pemain baru mengucapkan terima kasih karena kita telah memberikan mereka pengetahuan baru, bahkan dalam bermain game sekalipun.



9. Tetaplah menjadi manusia

Jacksepticeye
Mungkin ini sedikit personal, tapi sebisa mungkin janganlah jadi gamer yang angkuh, sombong, menganggap kemampuan diatas segalanya. Jangan jadi gamer toxic yang seolah-olah kamu paling jago, diatas langit masih ada langit. Jadilah gamer sejati yang kompetitif namun juga sportif, tidak berkoar-koar dalam chat game misalnya.

Tidak ada yang mempedulikan gamer seperti itu sesungguhnya, karena yang menanggapi tindakan seperti itu kalau tidak orang baru ya, orang yang sama seperti mereka.



10. Istirahat dan keluar dari zona gamermu

Nongkrong sama temen, jangan didepan komputer terus!
Setelah berjam-jam main game, istirahatkanlah mata, tubuh dan pikiran. Kalah lima kali berturut-turut dalam Dota tentu bikin frustasi dan mungkin kamu nggak punya tujuan hidup lagi. Kemudian sadar bahwa diri ini gak ada apa-apanya dan memutuskan bunu diri?

Lanjutkan kembali tugas kuliahmu, atau tugas-tugas kantormu. Keluarlah dari kamarmu dan kembali berinteraksi dengan keluarga, atau ajak teman-temanmu untuk nongkrong bareng. Bisa saja mereka tertarik mendengarkan game-game yang kamu mainkan dan menjadi pengalaman tersendiri bagi mereka.

Terkadang mereka yang tidak mengerti game, bisa tertarik mendengarkan topik game kalau kamu menyampaikannya dengan tepat lho.



Kira-kira inilah cara-cara yang penulis aplikasikan ke diri sendiri dalam bermain video game. Tidak semuanya tentang jago atau menjadi pemenang. Nikmati tiap momenmu bermain video game, bagikan pengalamanmu kepada orang-orang baru. Namun jangan lupakan kesehatanmu dan lingkunganmu.

Kira-kira kamu setuju gak sama hal-hal diatas? Atau kamu punya pengalaman tersendiri bagaimana cara menjadi gamer jago tapi juga tetap sehat? Yuk bagikan pengalaman kamu disini!

No comments

Tea Party Agency. Powered by Blogger.