Top AdSense

Selamat Tinggal Steam Greenlight! Halo Steam Direct!


Pihak Valve selaku pengelola salah satu marketplace terbesar untuk video game atau dikenal dengan Steam, kini memutuskan untuk memberhentikan salah satu programnya yaitu Steam Greenlight. Namun mereka juga memperkenalkan program baru yang diberi nama Steam Direct.

Steam Greenlight merupakan program dimana para developer-developer Indie diberi kesempatan untuk memamerkan game yang mereka buat sebelum benar-benar dijual via Steam. Para pemain dari seluruh dunia diberikan kesempatan untuk menilai apakah game yang mereka pamerkan ini layak dimainkan atau tidak. Setelah game tersebut diminati banyak orang, Valve akan menghubungi pihak developer untuk bekerja sama dalam berbagai hal sebelum game tersebut dijual di Steam.


Namun hal ini belum tentu hal buruk bagi developer indie. Steam Direct sendiri memiliki fungsi yang sama dengan Steam Greenlight. Hanya saja kali ini sistem pengajuan lebih diperketat untuk memfilter game-game Indie yang tidak layak dijual, seperti developer yang tidak niat atau iseng, atau game-game yang tidak bisa dimainkan karena berbagai macam bug yang belum dibereskan.

Pihak valve juga menjelaskan bahwa saat ini mereka sedang berdiskusi dengan para developer-developer untuk harga pengajuannya. Kedua belah pihak ingin menetapkan harga yang terbaik, demi tercapainya Steam Direct yang lebih baik dari Steam Greenlight.

No comments

Tea Party Agency. Powered by Blogger.